Topik 4 Aksi Nyata - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:
1.
Mulai
Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses
pembelajaran?
Jawab
: Materi saat ini adalah Pembelajaran Pada Zone Of Proximal
Development (ZPD). Sebelum memulai pembelajaran pada topik ini, saya memikirkan
materinya berisi mengenai pengertian ZPD, metode yang digunakan untuk melakukan
pembelajaran nada ZPD
2.
Eksplorasi
Konsep : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawab
: Dalam topik ini saya mempelajari tentang tingkat
pekembangan anak ada 2, yaitu tingkat perkembangan aktual dan potensial. ZPD
merupakan jarak antara kemampuan siswa untuk melakukan tugas di bawah bimbingan
orang dewasa dan atau dengan kolaborasi teman sebaya dan pemecahan masalah
secara mandiri sesuai kemampuan siswa. ZPD setiap peserta didik berbeda-beda,
sesuai dengan interaksi sosial yang dialami peserta didik. Disekolah interkasi
guru dan peserta didik sangat penting, Guru memberikan bimbingan kepada peserta
didik dalam memecahkan masalah.
3.
Ruang
Kolaborasi : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan
Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab
: Dalam ruang kolaborasi saya mempelajari bagaimana
pengaruh ZPD dalam dunia pendidikan, persiapan-periapan yang perlu dilakukan
sebelum menerapkan pembelajaran ZPD, dan cara mengajar menggunakan ZPD
4.
Demonstrasi
Kontekstual : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi
kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan
diri sendiri)?
Jawab
: Hal penting yang saya pelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok yakni eorang guru
menerapkan sikap menuntun, yaitu memberikan bimbingan kepada peserta didik.
Dikarenakan tingkat ZPD setiap siswa berbeda maka
guru menyesuaikan pembelajaran dengan keadaan peserta didik. Guru memberi
bimbingan yang berbeda untuk setiap kelompok ZPD. Maka dari itu ZPD memiliki pengaruh
dalam dunia pendidikan
5.
Elaborasi
Pemahaman : Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Jawab
: Saya menjadi paham terkait hubungan antara cara
pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik berhubungan dengan proses
pembelajaran. Tidak hanya berpengaruh kepada peserta didik saja, tetapi guru
juga memiliki solusi yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Sebelum pembelajaran saya tidak tahu mengenai teori vygotsky, teori vygotsky
yaitu proses perkembangan berfikir kognitif seseorang dipengaruhi oleh
lingkungan sosial budayanya. Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai
pemilihan metode yang tepat dalam pembelajaran yang dipengaruhi oleh faktor
sosial, budaya, ekonomi, dan politik
6.
Koneksi
Antar Materi : Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam
mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Jawab
: Perbedaan latar belakang peserta didik sangat
berpengarung dengan perkembangan kognitif peserta didik. Menurut Ki Hajar Dewantara
guru perlu menerapkan pendidikan yang menuntun yaitu menuntun segala kekuatan
kodrat yang ada pada anak. Guru perlu menerapkan strategi khusus yang sesuai dengan
perkembangan peserta didik. Sebagai contoh adalah penerapan Scaffolding pada ZPD.
Pendidik membantu/memandu peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman (ZPD) yang
berbeda untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik dengan ZPD rendah akan mendapat
bantuan dari rekan ZPD tinggi atau orang dewasa berpengalaman. Sehingga peserta
didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di targetkan
7.
Aksi
Nyata : Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana
Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang
perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Jawab
: Manfaat mempelajari perspektif sosiokultural telah
membantu saya mengetahui pentingnya menerapkan ZPD dalam konteks pembelajaran.
ZPD sendiri berfokus pada interaksi antara peserta didik dan lingkungannya. Saat ini, tingkat kesiapan saya mencapai skala
7, karena saya menyadari bahwa penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran dapat
membantu guru menciptakan pengalaman belajar yang efektif. Untuk memaksimalkan
implementasi ini, saya menyadari perlunya mempersiapkan diri lebih lanjut
dengan mendalami konsep ZPD dan memberikan dukungan sesuai dengan tingkat
perkembangan serta latar belakang peserta didik.
Comments
Post a Comment