Topik 6 Aksi Nyata - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum
mempelajari lebih lanjut mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan
politik saya sebelumnya tidak menyadari bahwa permasalahan-permasalahan
tersebut juga berdampak pada pengalaman belajar peserta didik. Keterkaitan ini
mencakup dampak isu-isu tersebut terhadap lingkungan pembelajaran peserta
didik. Oleh karena itu, sebagai seorang guru, penting untuk dengan memilah-milah
isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik ketika melibatkan mereka dalam
kegiatan pembelajaran di sekolah.
2. Apa yang Anda pelajari dari
konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada
topik ini menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan
politik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan,
strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai
scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta
didik.
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi, saya telah meningkatkan pemahaman saya bersama rekan-rekan mengenai pandangan mereka terkait implementasi isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pembelajaran di sekolah, dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Kami juga menghubungkan dan merangkum isu-isu yang terkait dengan pendekatan, strategi, metode, teknik, dan materi pembelajaran yang diaplikasikan sebagai dukungan pada Zona Proximal Perkembangan (ZPD). Melalui keterlibatan dalam kegiatan tersebut, saya berhasil memperoleh sudut pandang tambahan mengenai penerapan ZPD dalam proses pembelajaran.
4. Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal
penting yang dipelajari dari proses demonstrasi kontekstual yaitu melakukan
kegiatan berdiskusi mengenai kesiapan peserta didik dalam menghadapi isu-isu
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Menyampaikan pandangan
mengenai persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering ditemukan dalam
pendidikan dan pembelajaran.
5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda
pahami tentang topik ini?
Apa hal baru yang Anda pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut
Selama
ini, saya memahami bahwa topik ini berkaitan dengan isu-isu yang muncul dalam
penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pembelajaran di lingkungan sekolah,
dilihat dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya juga
mengaitkan dan merangkum isu-isu tersebut dengan pendekatan, strategi, metode,
dan teknik yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran, terutama
dengan konsep scaffolding pada ZPD. Melalui mata kuliah ini, saya menemukan
pemahaman baru tentang urgensi memperhatikan isu-isu tersebut dalam kegiatan
pembelajaran.
Pengalaman
baru yang saya peroleh dari mata kuliah ini menguatkan pemahaman saya tentang
pentingnya memperhatikan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pembelajaran di sekolah. Selain itu,
pengetahuan tambahan yang saya dapatkan mencakup bagaimana merancang
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik,
dengan mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
Bagaimana kita dapat menyusun kegiatan pembelajaran yang responsif terhadap
kondisi dan konteks masyarakat serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang
mendukung pertumbuhan peserta didik dalam berbagai aspek.
6. Apa yang Anda pelajari dari
koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata
kuliah lain?
Materi
yang sudah saya pelajari pada koneksi antar materi pada mata kuliah ini dengan
mata kuliah lain adalah penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan
politik guna menciptakan pembelajaran yang aman dan nyaman agar membantu guru
dalam terciptanya lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik.
7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?, Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?, Apa alasannya?, Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Manfaat mempelajari perspektif sosiokultural membantu saya menyadari pentingnya memperhatikan isu-isu terkait penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pembelajaran di sekolah dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang sesuai dengan latar belakang peserta didik. Saya juga dapat mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran, yang berperan sebagai scaffolding pada Zona Proximal Pembelajaran (ZPD). Saat ini, tingkat kesiapan saya mencapai skala 7, karena saya menyadari bahwa pemahaman saya tentang cara optimal menerapkan isu-isu dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Untuk mempersiapkan diri lebih baik, saya perlu mendalami lebih lanjut penerapan isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, dengan meningkatkan literasi saya dan berdiskusi dengan rekan sejawat.
Comments
Post a Comment