Topik 3 Aksi Nyata - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

 

Pada bagian 'Mulai Dari Diri' ini saya diminta untuk menonton video tentang pendidikan disuatu desa yang disebut dengan bumi petani. Saya diminta untuk merenung dan membandingkan pengalaman pendidikan saya sendiri dengan isi video tersebut, serta menjawab dua pertanyaan refleksi sebelum memasuki topik ini. Sebelum saya memulai proses pembelajaran, saya menyadari bahwa sebagai seorang guru, penting bagi saya untuk memiliki pemahaman mendalam tentang materi pada topik ini. Hal ini melibatkan pemahaman terhadap pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk merancang proses pembelajaran yang mempertimbangkan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Pada bagian 'Eksplorasi Konsep' ini, setelah saya membaca dan mempelajari materi yang diberikan saya diminta untuk memberikan pandangan saya tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia dan diminta untuk mengungkapkan bagaimana perasaan saya jika ditugaskan mengajar dengan memahami Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik.

Pada bagian 'Ruang Kolaborasi' ini saya dan rekan-rekan berdiskusi dan memberikan pendapat atau pandangan masing-masing anggota kelomok tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan serta mengenai kesiapannya untuk mengajar dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran

Pada bagian 'Demonstrasi Kontektual' Salah satu kelompok diminta untuk menyajikan hasil diskusi mereka di ruang kolaborasi, sementara kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan dan mengajukan pertanyaan terkait perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memperluas wawasan dan sudut pandang saya sebagai calon guru mengenai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Proses ini melibatkan eksplorasi berbagai referensi dan praktik yang ada, serta menyoroti kepentingan mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam konteks pembelajaran.

Pada bagian 'Elaborasi Pemahaman' sejauh ini hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah bahwa pperspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dimiliki oleh peserta didik sangat mempengaruhi keberlangsungan proses pembelajaran dikelas. Hal baru yang saya pelajari dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan latar belakang sosiokultural peserta didik, dapat memudahkan pendidik dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangcang proses pembelajaran yang memperhatikan latar belakang sosiokultural peserta didik. Selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan latar belakang sosiokultural peserta didik.

 

Pada bagian 'Koneksi Antar Materi' ini Saya menyadari bahwa mata kuliah Perspektif Sosiokultural ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah lain dalam program PPG Prajabatan, seperti Prinsip Pengajaran dan Asesmei, Filosofi Pendidikan Indonesia, Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya, serta Literasi Lintas Bidang Studi. Keterhubungan ini bertujuan untuk merancang dan menciptakan suatu pembelajaran yang relevan, efektif, dan berorientasi pada kebutuhan belajar peserta didik. Hal ini dilakukan dengan menetapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai, sambil memperhatikan serta mempertimbangkan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Dan yang terakhir bagian 'Aksi Nyata' dimana pada bagian ini saya merefleksi pemahaman saya selama mempelajari topik ini dan manfaat yang dapat saya ambil dari mempelajari topik ini adalah saya menjadi lebih memahami terkait penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran dikelas untuk dapat membantu saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik. Selanjutnya saya menilai kesiapan saya saat ini dalam skala 1-10 adalah 8 karena menurut saya tidak mudah untuk dapat memahami karekteristik setiap peserta didik secara mendalam karena dibutuhkan waktu dan pengalaman yang cukup untuk melakukan hal ini. Dan yang harus saya persiapkan lebih lanjut untuk saat ini adalah dengan mengasah pengetahuan dan keterampilan saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik dalam proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dikelas.

Comments

Popular posts from this blog

Prespektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia "Aksi Nyata" - Topik 1

Topik 4 Aksi Nyata - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia